Public Relations (PR) memang bukanlah istilah asing lagi dalam kehidupan kita, namun masih banyak orang yang kurang paham dengan apa yang dimaksud dengan PR. Sebagian besar dari publik mungkin mengetahui jika PR segalanya hanya tentang reputasi. Tapi pada kenyataannya, PR memiliki cakupan yang lebih luas dari itu. Salah satunya adalah cara yang bagus untuk membangun pendekatan marketing dan meningkatkan reputasi online. Tentu masih banyak fungsi PR yang bisa memberikan benefit untuk sebuah perusahaan dan organisasi.

Bukan hanya perusahaan dan organisasi, sebuah brand membutuhkan strategi PR untuk mendapatkan kesuksesan. PR memiliki peran vital untuk sebuah brand. Berikut adalah beberapa alasan kenapa sebuah brand membutuhkan strategi PR.

  1. Memperkuat dan meningkatkan brand awareness

Tugas PR adalah memberikan informasi dan menyampaikan pesan kepada publik mengenai brand. PR dapat membantu menyampaikan infomasi melalui media (melalui media relations yang sudah dimiliki oleh PR). Dengan cara seperti ini maka brand awareness akan meningkat. Selain itu menyampaikan informasi dan pesan brand melalui media, juga meningkatkan kepercayaan konsumen kepada brand.

  1. Meningkatkan kesempatan investasi

Sebuah brand memerlukan startegi PR untuk meningkatkan kesempatan investor untuk berinvestasi pada brand tersebut. Seperti yang sebelumnya sudah di sebutkan dengan penyampaian informasi melalui media, ini memberikan kesempatan brand untuk mendapatkan publisitas dan menarik perhatian publik. Ini bukan hanya memberikan kesempatan brand untuk menjangkau target market yang potensial, ini juga memberikan kesempatan brand menjangkau investor untuk bisa berinvestasi terhadap brand.

  1. Mengelola reputasi brand

Dengan menggunakan relasi yang baik antara PR dan media ini akan membantu brand dalam mengelola reputasi. Misalnya dalam perjalanan sebuah brand menghadapi situasi yang tidak diinginkan sehingga dapat mempengaruhi reputasi brand, maka hubungan baik inilah yang akan membantu brand dalam menyelamatkan reputasi.

  1. Mempromosikan brand value

Apapun industrinya, kepercayaan merupakan kunci dari segalanya. Tanpa kepercayaan sebuah brand bisa mengalami kegagalan, bahkan kebangkrutan. Dengan bantuan PR kepercayaan bisa diperoleh dan ditingkatkan melalui  thought leadership, koneksi dengan influencer, dan juga stratregi networking. Ini akan membantu sebuah brand dalam menyampaikan pesan positif yang sejalan dengan brand.

  1. Memperkuat hubungan dengan komunitas

PR dapat membantu sebuah brand untuk menjalin hubungan dengan komunitas yang ada disekitarnya. Kenapa menjalin hubungan dengan komunitas penting untuk sebuah brand? Ini akan membantu sebuah brand mendapatkan kredibilitas dan juga kepercayaan di dalam lingkungan komunitas. Ini bisa menjadi sebuah aset yang baik untuk kelangsungan sebuah brand kedepannya. Selain itu akan membuka kesempatan-kesempatan baik untuk bisa menjadi pengaruh yang baik dalam sebuah komunitas.

(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)